E-Rapor yang terintegrasi dengan data Dapodik

Dalam perkembangan dunia teknologi sat ini, berbagai macam aplikasi dan pembelajaran sudah merambah ke kegiatan daring, hal ini supaya publik atau masyarakat dapat mengakses maupun menjalankan informasi secara Online.

Salah satu pengolahan data yang mendasar di satuan pendidikan adalah Dapodik, yang mana Dapodik merupakan Data Pokok yang memuat keseluruhan data stakeholder satuan pendidikan tersebut, baik data individu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Individu Pesera Didik, Sarana Prasrana, Kurikulum, dsb.

Dalam situasi Pandemi saat ini sangat disarankan semua kegiatan berbasis online, salah satunya E-Rapor online.

Erapor tidak hanya bisa di akses oleh Guru saja melainkan Peserta Didik juga bisa langsung mengetahui Rapor masing-masing peserta didik. karena Aplikasi Erapor ini bisa dijalankan secara Online. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengolah Erapor ini :

  1. Data Peserta Didik harus sudah Fixs, meliputi Jumlah, Data Individu yang di olah oleh Kesiswaan.
  2. Mata Pelajaran yang termuat di KTSP satuan Pendidikan
  3. Masing-masing Guru Mapel menyiapkan perencanaan KD, KKM.
  4. Semua Guru sudah termapping di Dapodik

Gambar diatas merupakan Pengolahan Erapor menggunakan jaringan Lokal menggunakan Server utama yang terintegrasi dengan Dapodik. Jadi garis besarnya Erapor tidak lepas dengan aplikasi Dapodik.

Banyak manfaat dalam penggunaan dan pengolahan data Erapor dengan Dapodik :

  1. Realtime data sudah pasti sesuai
  2. Tidak diribetkan dengan Administrasi yang bermacam-macam
  3. Daftar Peserta Didik tidak berbeda dengan manual, antara guru mapel dengan administrasi kesiswaan akan sama, Buku Induk, Daftar Peserta didik, dll
  4. Semua administrasi penilaian termuat didalamnya, baik daftar nilai, leger nilai, rapor, dll. Apabila dibutuhkan suatu saat tinggal comot dari aplikasi.
  5. Nilai bisa langsung di input dan diolah baik nilai Harian, tugas, dll. dan ketika nanti akan penerimaan Rapor tinggal input nilai akhir, semisal PAS. Rapor langsung bisa di cetak dan dibagikan atau secara elektronik ke Peserta Didik.
  6. Erapor bisa di kerjakan secara Online. Jadi, bisa di olah di Sekolah, rumah atau tempat lain selama punya akses Internet di tempat tersebut.
  7. Penerimaan Rapor pun juga bisa secara online.

Dari berbagai keunggulan tersebut sangat disayangkan jika satuan Pendidikan belum menggunakan Erapor dalam pengolahan nilai rapor.

  • buku panduan Erapor bisa di unduh di link ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *